MENGENAL PERBEDAAN JARINGAN 2G 3G 4G 5G


MENGENAL PERBEDAAN JARINGAN 2G 3G 4G 5G – Kalian tentu sudah sangat faham dengan sebutan nama jaringan jaringan tersebut. Secara umum yang membedakan anatar jaringan tersebut adalah kecepatan transfer datanya karena setiap generasi kebutuhan teknologi semakin kompleks, dan menunut kebutuhan dengan akses internet yang lebih cepat dan efisien.





untuk lebih spesifiknya akan saya jelaskan menggunakan tabel seperti dibawah ini

2G
3G
4G
5G
Awal perkembangan industry telekomunikasi ditandai dengan munculnya jaringan 2G. Jaringan ini ditemukan di Finlandia pada tahun 1991 sekaligus muncul merk hp Nokia yang menjadi ponsel sejuta umat pada saat itu dan masih eksis hingga saat ini.



Jaringan generasi ketiga ini muncul pertama kali di tahuj 2003.



Kemudian jaringan generasi keempat, sudah dipublikasikan diIndonesia pada tahun 2008 dengan mengembangkan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Sayangnya, teknologi 4G yang sejajar dengan WiMAX LEBIH DIKENAL BANYAK ORANG.


Jaringan generasi kelima itu rencanannya akan dioperasikan dan diperkenalkan pada tahun 2020. Jadi tunggu saja ya
Jaringan generasi ke dua ini mengantarkan telepon seluler yang awalnya masih analog menjadi digital tahap awal. Artinya Cuma terdapat telepon dan enkripsi teks. Meskipun terdapat layanan data, hanya bisa untuk pesan gambar atau MMS.

Teknologi 3G ini sudah bisa digunakan untuk mengakses layanan video call. Walaupun tidak begitu banyak menarik pengguna telepon seluler, namun keberadaanya berhasil membuat orang mengenal ap aitu live streaming dan video call.

Jaringan 4G semakin memperkuat peforma layanan dengan munculnya game mobile popular, HD TV, Video Conference, 3D TV, dan akses fitur lainnya yang bisa diakses di smartphone dengan internet yang sangat cepat.


Untuk menyongsong dunia Industri 5.0 diprediksi jaringan 5G ini dirancang untuk pengoperasian alat elektronik yang menggunakan akses data dalam jumlah yang banyak
Kecepatan maksimal yang bisa dilakukan oleh 2G dengan mengandalkan GPRS (Global Packet Radio Services) hanya mencapai 50 kilobyte per second (5kbs). Data rates dapat dimaksimalkan menggunakan EDGE hingga mencapai 1Mbps.

Kecanggihan EDGE dapat melakukan transfer data hingga 126 kbps hingga 473,8 kbps pada posisi bergerak dan mencapai 2 MBPS pada waktu diam, dan membuat teknologi transmisi data paling cepat di Indonesia waktu itu.


Kecepatan internet yang ditawarkan di produk LTE ini sangatlah luar biasa. Memiliki kecepatan maksismum 100Mbps membuat penggunanya sangat terkesima. Bayangkan kita bisa menjual produk secara online dalam hitungan detik dan bisa tersampaikan keseluruh orang didunia. Hal ini membuat dunia pasar ekonomi lebih hidup dengan menyongsong industry 4.0 jadi jarak bukanlah lagi penghalang.
Kecepatan internet 5G bisa mencapai 800 Mbps. Jadi dengan kecepatan internet seperti itu kalian bisa mendownload 33 film dengan ukuran HD hanya dalam waktu beberapa detik saja

jadi itulah beberapa perbedaan antara jaringan 2G 3G 4G 5G. semoga bermanfaat, dan terimakasih.
wassalamu'alaikum wr wb
MENGENAL PERBEDAAN JARINGAN 2G 3G 4G 5G MENGENAL PERBEDAAN JARINGAN 2G 3G 4G 5G Reviewed by nafil firdaus 99 on March 22, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.